Harap verifikasi akun kamu!Verifikasi
Mode Normal

Awal Mula Pengeboran Sumur Minyak di Aceh - Liputan6 Siang

0 Komentar

Laporkan masalah

Laporkan Video ini
Apa yang terjadi?
Batal
Liputan6.com
Diunggah 28 Apr 2018

Pengeboran sumur minyak di Kecamatan Rantoe Peureulak, Kabupaten Aceh Timur mulai dilakukan tahun 1837 oleh penjajah Belanda. Kilang diambil alih pemerintah seiring kemerdekaan Indonesia. Namun, kilang ini berhenti beroperasi tahun 80-an dan setelah itu warga mulai menambang minyak secara ilegal.

Seperti ditayangkan Liputan6 Siang SCTV, Sabtu (28/4/2018), tambang minyak ilegal ini merupakan satu dari sekian banyak tambang di Kecamatan Rantoe Peureulak. Di lokasi ini juga dilengkapi tempat peyulingan untuk mengolah minyak mentah menjadi minyak siap konsumsi. Usai melalui proses penyulingan, diperolah minyak tanah, solar, dan ters. Ters kerap digunakan untuk mengecat rumah atau perahu.

Jika pemilik lahan tak punya modal, mereka bekerja sama dengan cukong untuk mengebor sumur minyak.

Polisi tak pernah lelah mengingatkan warga untuk tidak melakukan pengeboran minyak. Namun tidak dihiraukan.

"Sudah berulang kali kita sampaikan kepada masyarakat untuk tidak melakukan pengeboran meskipun di halaman rumahnya sendiri," ujar Kapolres Aceh Timur AKBP Wahyu Kuncoro.

Rabu 23 April 2018 dini hari lalu, sumur minyak di Desa Pasir Putih, Kecamatan Rantoe Peureulak, meledak dan terbakar. Penyebabnya proses penambangan yang tidak memenuhi syarat dan standar opersional. Tercatat sudah empat kali kejadian yang selalu merenggut korban jiwa.

Jumat 27 April 2018 siang, korban tewas akibat ledakan sumur minyak ilegal bertambah. Effendi Hamid yang diarwat di Rumah Sakit Umum Dokter Zainoel Abidin Banda Aceh menghembuskan nafas terakhir, karena kondisi luka bakar di sekujur tubuhnya.

Hingga Jumat petang, seluruh korban meninggal dunia akibat ledakan berjumlah 22 orang. Sementara puluhan lain masih dirawat di sejumlah rumah sakit.

Komentar

default-user
Langganan untuk bisa berkomentar
    Verifikasi Akun Kamu..

    Kamu belum melakukan verifikasi akun. Silahkan periksa email Kamu dan ikuti langkah selanjutnya.

    Atau verifikasi melalui SMS

    VERIFIKASI SMS

    Dengan memverifikasi email, Anda dapat melakukan:

    • Upload vidio dengan ukuran yang lebih besar