Harap verifikasi akun kamu!Verifikasi
Mode Normal

Bank Dunia Imbau Indonesia Tak Perlu Khawatir Dolar Naik - Fokus Pagi

0 Komentar

Laporkan masalah

Laporkan Video ini
Apa yang terjadi?
Batal
INDOSIAR
Diunggah 8 Sep 2018

Bank Dunia menilai Indonesia tidak perlu khawatir dengan melemahnya nilai rupiah terhadap Dolar Amerika Serikat. Fundamental ekonomi Indonesia masih kuat dilihat dari sejumlah faktor. Tingkat inflasi rendah, kebijakan fiskal, dan moneter pun dinilai kredibel.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Sabtu (8/9/2018), kondisi makroekonomi Indonesia yang cukup kuat dan respon pemerintah dalam membuat kebijakan menghadapi pelemahan rupiah dinilai bisa membantu mengatasi hal ini.

Kepala perwakilan Bank Dunia untuk Indonesia Rodrigo A Chaves berharap kondisi ini justru bisa dijadikan momentum untuk menekan defisit transaksi berjalan. Pelemahan nilai tukar rupiah dapat dirasakan berdampak terhadap impor, namun bisa disiasati untuk meningkatkan pendapatan dari sisi ekspor.

Indonesia masih lebih baik dibanding negara lain. Lemahnya rupiah terhadap dolar Amerika Serikat hanya 9 persen sejak awal tahun. Bandingkan dengan Argentina yang mencapai 50 persen.

"Kita optimis. Jadi lembaga pemeringkat fitch dan kemarin Black Rock, perusahaan managerial keuangan terbesar di dunia menilai bahwa atas fundamental, kebijakan, dan respon yang ada, mereka percaya atas komitmen pemerintah untuk menstabilkan indikator makro ekonomi. Kami pun juga percaya. Banyak pemicu global, tapi pemerintah bisa merespon dengan baik," kata Kepala Perwakilan Bank Dunia di Indonesia Rodrigo A Chaves

Kondisi pelemahan rupiah saat ini menurut Bank Dunia jauh berbeda dibandingkan tahun 1998 dimana saat itu rupiah melemah cukup dalam yakni 32 persen.

Komentar

default-user
Langganan untuk bisa berkomentar
    Verifikasi Akun Kamu..

    Kamu belum melakukan verifikasi akun. Silahkan periksa email Kamu dan ikuti langkah selanjutnya.

    Atau verifikasi melalui SMS

    VERIFIKASI SMS

    Dengan memverifikasi email, Anda dapat melakukan:

    • Upload vidio dengan ukuran yang lebih besar