Harap verifikasi akun kamu!Verifikasi
Mode Normal

Tips Menangani Korban Gigitan Ular Menurut Pakar

0 Komentar

Laporkan masalah

Laporkan Video ini
Apa yang terjadi?
Batal
Plat D
Diunggah 7 Jul 2019

Penanganan yang salah terhadap korban gigitan ular beracun bisa berakibat fatal hingga menyebabkan kematian. Perwakilan Sioux Indonesia regional Jawa Barat Herdy Taipan berbagi tips untuk menangani korban gigitan ular berbisa.
Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah memastikan jenis ular yang menggigit, apa benar ular berbisa atau bukan.
Kemudian lakukan langkah imobilisasi atau mengurangi gerakan pada korban jika benar terkena racun ular. Imobilisasi bisa dilakukan dengan memasang alat atau penyangga pada tangan di area gigitan agar korban tidak banyak bergerak.
Kebanyakan bergerak bisa mempercepat penyebaran bisa. Selain itu, korban terkena gigitan bisa ular harus banyak minum air karena mengalami dehidrasi.
Korban tidak disarankan mengeluarkan racun dengan penyayatan. Apalagi sampai menghisap karena khawatir bisa berdampak terhadap penyebaran bisa atau racunnya.
Proses evakuasi korban juga harus dilakukan secara hati-hati. Saat akan diangkat ke dalam mobil, korban diusahakan tidak banyak bergerak. Posisi badan korban diusahakan dalam keadaan menyamping dengan posisi area yang tergigit berada di bawah.

Komentar

default-user
Langganan untuk bisa berkomentar
    Verifikasi Akun Kamu..

    Kamu belum melakukan verifikasi akun. Silahkan periksa email Kamu dan ikuti langkah selanjutnya.

    Atau verifikasi melalui SMS

    VERIFIKASI SMS

    Dengan memverifikasi email, Anda dapat melakukan:

    • Upload vidio dengan ukuran yang lebih besar