Harap verifikasi akun kamu!Verifikasi
Mode Normal

Tebak Negara Mana Yang Pertama Pakai Merah Putih..

0 Komentar

Laporkan masalah

Laporkan Video ini
Apa yang terjadi?
Batal
mediasulsel
Diunggah 14 Aug 2019

Kalau melihat sejarah dari kedua bendera di atas yang umurnya terbilang cukup tua, agak pesimis juga ya menyebut Indonesia sebagai pemilik warna merah putih pertama. Tapi untuk lebih jelasnya mari kita bahas sama-sama.

Bendera nasional Indonesia, yang dikenal sebagai Sang Saka Merah Putih didasarkan pada bendera Kerajaan Majapahit pada abad ke-13 di Jawa Timur.

Bendera itu sendiri diperkenalkan dan dikibarkan secara resmi di hadapan dunia pada upacara Hari Kemerdekaan Indonesia, tanggal 17 Agustus 1945 yang dijahit oleh Fatmawati istri dari presiden pertama Indonesia

Warna merah putih berasal dari bendera Kerajaan Majapahit pada abad ke-13 atau sekitar tahun 1293. Kemudian, warna-warna itu dihidupkan kembali oleh para mahasiswa dan para nasionalis di awal abad ke-20 sebagai ekspresi nasionalisme melawan Belanda.

Bendera merah-putih dikibarkan untuk pertama kalinya di Jawa pada tahun 1928. Di bawah pemerintahan Belanda, bendera itu dilarang berkibar. Sistem ini diadopsi sebagai bendera nasional pada tanggal 17 Agustus 1945, ketika kemerdekaan diumumkan dan telah digunakan sejak saat itu. Nama resminya adalah Sang Merah Putih sesuai dengan Pasal 35 UUD 1945.

Bendera ini juga biasa disebut Bendera Merah Putih, Sang Dwiwarna, atau Sang Saka Merah Putih. Bendera Pusaka adalah bendera yang dikibarkan di depan rumah Soekarno beberapa saat setelah dia memproklamasikan kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945.

Untuk Ukuran bendera telah dijelaskan dalam Undang-undang Dasar (UUD) 45, UU Nomor 24/2009, dan Peraturan Pemerintah Nomor 40/1958 tentang Bendera Kebangsaan Republik Indonesia. Rasio 2:3 digunakan khusus untuk penggunaan di lapangan Istana Kepresidenan.

Untuk keperluan lainnya, misalnya di lapangan umum ukurannya 120x180 cm, di kapal 100x150 cm, mobil presiden dan wakilnya 36x54 cm, dan sebagainya.

Secara tradisional, sebagian besar masyarakat Indonesia telah menggunakan merah dan putih sebagai warna suci. Rupanya, penduduk Kerajaan Majapahit juga menggunakan konsep ini dan dirancang sebagai bendera merah dan putih.

Meski serupa, setidaknya ada yang tidak bisa digantikan ketika kita melihat bendera merah putih, yakni jiwa nasionalis dan kecintaan kita terhadap Indonesia.

Komentar

default-user
Langganan untuk bisa berkomentar
    Verifikasi Akun Kamu..

    Kamu belum melakukan verifikasi akun. Silahkan periksa email Kamu dan ikuti langkah selanjutnya.

    Atau verifikasi melalui SMS

    VERIFIKASI SMS

    Dengan memverifikasi email, Anda dapat melakukan:

    • Upload vidio dengan ukuran yang lebih besar