Harap verifikasi akun kamu!Verifikasi
Mode Normal

Upaya Mencegah Banjir Melalui Modifikasi Cuaca - AIMAN (Bag 3)

0 Komentar

Laporkan masalah

Laporkan Video ini
Apa yang terjadi?
Batal
kompas-tv
Diunggah 30 Apr 2020

Operasi modifikasi cuaca dilakukan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) bekerja sama dengan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) dan TNI AU.Pesawat yang digunakan untuk operasi modifikasi cuaca adalah jenis CN-295 yang telah dimodifikasi. Pesawat dilubangi bagian bawahnya agar bisa menabur garam. Bagian dalam pesawat pun dibuat sedemikian rupa, sehingga bisa menampung 8 kapsul dan pipa penyalur garam. Teknologi modifikasi cuaca ini adalah hasil karya anak negeri. Bahkan, Indonesia pun diminta untuk membantu Australia dalam menangani kebakaran hutan dengan teknologi ini.

Menurut Kepala BPPT, Hamam Riza, teknologi modifikasi cuaca merupakan cara paling efektif dilakukan untuk mencegah banjir, kebakaran hutan dan lahan, kekeringan, maupun longsor. Selain itu, teknologi modifikasi cuaca ini juga digunakan untuk mengisi waduk di beberapa wilayah, supaya Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) tidak mati.

Teknologi ini sudah lama dikembangkan oleh Indonesia. Namun, perlu konsistensi dalam melaksanakannya sebagai early warning system. Biaya yang dibutuhkan dalam sekali penerbangan operasi modifikasi cuaca, sekitar belasan juta. Sedang, dalam satu hari biasanya ada tiga kali operasi. Biaya yang cukup mahal. Namun, tidak sebanding dengan kerugian apabila bencana telah terjadi.

Simak selengkapnya di tayangan AIMAN Episode Mendadak Politik di Banjir Ibu Kota, bagian 3 berikut ini. #Aiman #BanjirJakarta #AniesBaswedan

Komentar

default-user
Langganan untuk bisa berkomentar
    Verifikasi Akun Kamu..

    Kamu belum melakukan verifikasi akun. Silahkan periksa email Kamu dan ikuti langkah selanjutnya.

    Atau verifikasi melalui SMS

    VERIFIKASI SMS

    Dengan memverifikasi email, Anda dapat melakukan:

    • Upload vidio dengan ukuran yang lebih besar