Harap verifikasi akun kamu!Verifikasi
Mode Normal

Perlindungan WNI yang Bekerja di Kapal Luar Negeri

1 Komentar

Laporkan masalah

Laporkan Video ini
Apa yang terjadi?
Batal
Vidio Breaking News
Diunggah 7 May 2020

Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi menyampaikan perkembangan kondisi ABK WNI yang bekerja di 4 kapal berbendera RRT sekaligus kronologis meninggalnya 4 ABK WNI. Selain itu Kemenlu memastikan bahwa pemerintah akan memastikan pemenuhan hak terhadap para ABK WNI dan meminta otoritas Tiongkok untuk melakukan penyelidikan terhadap 4 kapal tersebut dan jika ditemukan pelanggaran maka dilakukan penegakan hukum.
Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi memastikan 46 awak kapal WNI yang bekerja di 4 kapal berbendera China, Long Xin 629, Long Xin 605, kapal Long Xin 606 dan Kapal Tian Yu 8 dapat terpenuhi hak-haknya, termasuk hak 4 ABK yang meninggal. Menlu Retno menyebutkan saat ini KBRI di Seoul memfasilitasi kepulangan 14 awal WNI yang akan dipulangkan ke Indonesia pada 8 Mei 2020 sekaligus mengkoordinasikan kepulangan 1 jenazah ABK. Sementara terkait penegakan hukum kepada kapal tempat WNI bekerja, Pemerintah RI juga telah meminta Coast Guard Korea untuk melakukan investigasi terhadap 4 kapal Tiongkok tersebut (Kapal sempat berlabuh di Busan,Korea)

Selain itu Pemerintah melalui Kemenlu telah melakukan pembicaraan dengan Dubes RRT di Jakarta terkait kronologi dan info valid penguburan ABK WNI di laut (burial at sea) yang dilakukan 4 kapal RRT, meminta penjelasan terkait kondisi kapal yang tidak sesuai standar dan dicurigai menjadi penyebab kematian 4 WNI serta meminta dukungan pemerintah Tiongkok dalam pemenuhan hak dan tanggung jawab terhadap ABK WNI.

Komentar

default-user
Langganan untuk bisa berkomentar
Verifikasi Akun Kamu..

Kamu belum melakukan verifikasi akun. Silahkan periksa email Kamu dan ikuti langkah selanjutnya.

Atau verifikasi melalui SMS

VERIFIKASI SMS

Dengan memverifikasi email, Anda dapat melakukan:

  • Upload vidio dengan ukuran yang lebih besar