Harap verifikasi akun kamu!Verifikasi
Mode Normal

Jokowi Secara Resmi Buka Rapat Koordinasi Nasional Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Tahun 2020

0 Komentar

Laporkan masalah

Laporkan Video ini
Apa yang terjadi?
Batal
Vidio Breaking News
Diunggah 18 Nov 2020

Dalam rangka Peresmian Pembukaan Rapat Koordinasi Nasional Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Tahun 2020, Presiden Joko Widodo memberikan sambutan sekaligus pengantar bagi para hadirin yang tengah mengikuti kelangsungan acara. Dalam tuturnya, Jokowi menyampaikan bahwa LKPP harus melakukan terobosan, harus berani melakukan banyak inovasi terutama dengan mamanfaatkan teknologi supermodern. Bangun sistem pengadaan yang real time, lakukan transformasi ke arah 100 persen e-procurement, manfaatkan teknologi untuk meningkatkan kapasitas pengolahan data, pengadaan agar lebih cepat. Big data analytics, cognitive computing, artificial intelligence, block-chain, machine learning dan teknologi terbaru lainnya harus mulai digunakan, mulai dipakai.
Menurut Jokowi, melalui bantuan teknologi terkini, Indonesia akan bisa memonitor secara real time nilai realisasi transaksi yang dilaksanakan setiap kementerian, setiap lembaga, setiap pemerintah daerah apakah sudah tercapai 100 persen, atau baru terserap 40 persen dari total belanja pengadaan. Sehingga dengan berpijak pada data-data tersebut para menteri, kepala lembaga, dan kepala daerah bisa diberikan alarm, bisa diberikan peringatan agar mereka melakukan langkah-langkah percepatan, apalagi di kondisi pandemi seperti ini, sangat penting sekali pengadaan dipercepat ini. Alarm peringatan perlu diberikan karena banyak kementerian, banyak lembaga, banyak pemerintah daerah yang masih bekerja dengan cara-cara lama, rutinitas.
Jokowi pula menambahkan, LKPP juga harus aktif memasukan produk-produk UMKM yang memenuhi syarat dalam e-catalog-nya. UMKM harus lebih banyak dilibatkan dalam mengisi rantai pasok produksi TKDN, misalnya di sektor konstruksi, industri otomotif, dan telekomunikasi. "Saya yakin produk-produk UMKM tidak kalah dengan produk-produk dari negara lain baik dari sisi harga maupun dari sisi kualitas. Bahkan jika sektor UMKM kita terus kita perkuat, terus kita dampingi, terus kita fasilitasi, maka produk UMKM kita akan mampu bersaing di pasar regional maupun global." ujarnya.

Komentar

default-user
Langganan untuk bisa berkomentar
    Verifikasi Akun Kamu..

    Kamu belum melakukan verifikasi akun. Silahkan periksa email Kamu dan ikuti langkah selanjutnya.

    Atau verifikasi melalui SMS

    VERIFIKASI SMS

    Dengan memverifikasi email, Anda dapat melakukan:

    • Upload vidio dengan ukuran yang lebih besar