Harap verifikasi akun kamu!Verifikasi
Mode Normal

Simak! 4 Tips Atasi Error pada Aplikasi PeduliLindungi

0 Komentar

Laporkan masalah

Laporkan Video ini
Apa yang terjadi?
Batal
Kompas TV
Diunggah 18 Sep 2021

KOMPAS.TV - Aplikasi PeduliLindungi jadi syarat untuk beraktivitas di ruang publik seperti melakukan perjalanan di seluruh moda transportasi, atau berkunjung ke pusat perbelanjaan.

Lewat aplikasi ini, masyarakat diminta menunjukkan sertifikat vaksin dan melakukan scan QR code sebagai upaya screening sekaligus filter apakah pengunjung diizinkan masuk suatu tempat atau tidak.

Namun ada kalanya terjadi error seperti tidak bisa scan QR code, gagal log in, atau kesalahan data. Untuk memperbaiki error di aplikasi PeduliLindungi, ada beberapa cara yang dapat dicoba, yaitu:

  1. Periksa jaringan internet

Pastikan perangkat mendapatkan jaringan internet dengan koneksi yang stabil agar tidak terjadi error saat proses scan QR code melalui aplikasi PeduliLindungi.

  1. Muat ulang aplikasi

Jika gagal melakukan scan QR code, coba muat ulang atau refresh aplikasi dengan menutup aplikasi PeduliLindungi dan membukanya kembali.

  1. Perbarui aplikasi

Pastikan untu memperbarui aplikasi maupun sistem operasi (OS) perangkat begitu ada update tersedia melalui play store (Android) atau app store (iOS).

Hal ini berguna untuk menyesuaikan spesifikasi serta sistem yang berjalan di aplikasi PeduliLindungi.

  1. Bersihkan data cache

Hapus data cache aplikasi untuk menambah memori penyimpanan melalui pengaturan, lalu masuk ke menu penyimpanan di bagian info aplikasi.

Menghapus data cache aman dilakukan karena data aplikasi, seperti data log in, dan sebagainya tidak akan terhapus.

Di sisi lain, berkaitan dengan akses internet dan penetrasi smartphone yang belum merata di Indonesia, Menkes Budi Gunadi Sadikin mengatakan pihaknya tengah mengupayakan alternatif screening PeduliLindungi.

"Kami juga memikirkan bagaimana PeduliLindungi bisa digunakan tanpa smartphone, sedang kita pikirkan bagaimana caranya agar ada alternatif lain," ujar Budi dalam Raker dengan Komisi IX DPR, Senin (13/9/2021).

Baca Juga Simak, Ini Daftar Aktivitas yang Wajib Gunakan Aplikasi PeduliLindungi di https://www.kompas.tv/article/211450/simak-ini-daftar-aktivitas-yang-wajib-gunakan-aplikasi-pedulilindungi

(*)

Grafis: Arief Rahman

Artikel ini bisa dilihat di : https://www.kompas.tv/212309/simak-4-tips-atasi-error-pada-aplikasi-pedulilindungi

Komentar

default-user
Langganan untuk bisa berkomentar
    Verifikasi Akun Kamu..

    Kamu belum melakukan verifikasi akun. Silahkan periksa email Kamu dan ikuti langkah selanjutnya.

    Atau verifikasi melalui SMS

    VERIFIKASI SMS

    Dengan memverifikasi email, Anda dapat melakukan:

    • Upload vidio dengan ukuran yang lebih besar