Harap verifikasi akun kamu!Verifikasi
Mode Normal

Bersama Sarang Burung Walet, Semua Bisa Jadi Jutawan

0 Komentar

Laporkan masalah

Laporkan Video ini
Apa yang terjadi?
Batal
Kompas TV
Diunggah 18 Sep 2021

KOMPAS.TV-Beberapa waktu yang lalu, ramai di media sosial, sebuah video yang menunjukan. Seorang pria sedang memanen sarang burung wallet. Warganet juga ramai ikut berkomentar mengenai video tersebut. Sebenarnya apa itu sarang burung walet? Dan kenapa juga bisa begitu mahal harganya.

Sarang burung walet adalah sarang yang dibuat dari air liur burung itu sendiri. Air liur itu membentuk gumpalan. Gumpalan dari air liur itulah, yang dipanen, diperjualbelikan kemudian banyak dicari dan jadi bahan obat atau salah satu kuliner termahal di dunia.

Selama berabad-abad sarang burung walet banyak diperjualbelikan ke China di antaranya sarang yang berasal dari Indonesia tepatnya, Pulau Palawan Filipina. Sarang burung walet saat dipanen bentuknya kering, namun saat diolah ia berubah menjadi seperti agar-agar.

Saat di alam liar, burung walet membuat sarang di celah tebing batu kapur. Sarang burung walet dikenal sebagai bahan pembuatan obat, dan diyakini memiliki berbagai macam khasiat.

Kenapa harga sarang burung walet begitu mahal? Ini karena proses pengolahan yang rumit dan panjang, dan termasuk komoditas produk hewani dengan harga jual yang tinggi.

Baca Juga Pintar Bicara dalam 6 Bahasa, Burung Beo Ini Dapat Rekor MURI! di https://www.kompas.tv/article/210987/pintar-bicara-dalam-6-bahasa-burung-beo-ini-dapat-rekor-muri

https://www.kompas.tv/article/210987/pintar-bicara-dalam-6-bahasa-burung-beo-ini-dapat-rekor-muri

Grafis: Arief Rahman

Artikel ini bisa dilihat di : https://www.kompas.tv/article/212919/bersama-sarang-burung-walet-semua-bisa-jadi-jutawan

Komentar

default-user
Langganan untuk bisa berkomentar
    Verifikasi Akun Kamu..

    Kamu belum melakukan verifikasi akun. Silahkan periksa email Kamu dan ikuti langkah selanjutnya.

    Atau verifikasi melalui SMS

    VERIFIKASI SMS

    Dengan memverifikasi email, Anda dapat melakukan:

    • Upload vidio dengan ukuran yang lebih besar