Harap verifikasi akun kamu!Verifikasi
Mode Normal

Kenapa Roda Pesawat Sangat Kecil

0 Komentar

Laporkan masalah

Laporkan Video ini
Apa yang terjadi?
Batal
Kompas TV
Diunggah 18 Sep 2021

KOMPAS.TV- Kalau diperhatikan secara detail, ukuran roda pesawat sangat kecil. Berbeda jauh dengan ukuran pesawat yang besar. Sekilas dilihat seperti tidak seimbang, dan apakah kuat menopang ukuran pesawat yang besar? Baik dengan penumpang atau saat pesawat dalam keadaan kosong. Roda pesawat sebenarnya sama ukurannya dengan roda mobil. Sebesar setengah badan dari manusia.

Faktanya terdapat perbedaan yang signifikan yaitu, roda pesawat diisi gas enam kali lebih besar dari tekanan gas daripada mobil. Roda pesawat juga lebih lentur dari roda mobil.

Melansir dari berbagai sumber, roda pesawat didesain khusus seperti itu supaya bisa menahan beban berat pesawat. Roda yang kecil juga membantu pesawat bergerak dengan leluasa di landasan.

Ketika bergerak di landasan, pesawat bergerak dengan kecepatan mencapai sekitar 300 kilometer per jam. Roda yang kecil ini, juga memengaruhi rasa nyaman penumpang di dalamnya. Roda yang lebih lentur daripada roda mobil ini bisa membuat lebih nyaman saat pesawat mendarat.

Baca Juga Profil Pesawat Rimbun Air PK-OTW Berjenis Twin Otter yang Hilang Kontak di Papua di https://www.kompas.tv/article/212276/profil-pesawat-rimbun-air-pk-otw-berjenis-twin-otter-yang-hilang-kontak-di-papua

https://www.kompas.tv/article/212276/profil-pesawat-rimbun-air-pk-otw-berjenis-twin-otter-yang-hilang-kontak-di-papua

Grafis: Agus Eko Apriyanto

Artikel ini bisa dilihat di : https://www.kompas.tv/article/213000/kenapa-roda-pesawat-sangat-kecil

Komentar

default-user
Langganan untuk bisa berkomentar
    Verifikasi Akun Kamu..

    Kamu belum melakukan verifikasi akun. Silahkan periksa email Kamu dan ikuti langkah selanjutnya.

    Atau verifikasi melalui SMS

    VERIFIKASI SMS

    Dengan memverifikasi email, Anda dapat melakukan:

    • Upload vidio dengan ukuran yang lebih besar