Harap verifikasi akun kamu!Verifikasi
Mode Normal

P2G: Sepanjang 2021, Ada 27 Kasus Kekerasan Seksual di Satuan Pendidikan Berbasis Agama

0 Komentar

Laporkan masalah

Laporkan Video ini
Apa yang terjadi?
Batal
Kompas TV
Diunggah 10 Dec 2021

JAKARTA, KOMPAS.TV - Perhimpunan Pendidikan dan Guru (P2G) mengecam pemerkosaan 12 santri di Bandung, Jawa Barat. P2G berharap pelaku dihukum maksimal atas perbuatannya.

P2G menilai hal tersebut merupakan fenomena gunung es yang terjadi pada satuan pendidikan berbasis agama, seperti madrasah, pesantren, seminari dan satuan pendidikan agama lainnya.

Menurut catatan P2G, ada 27 kasus pelecehan seksual yang terjadi pada anak di satuan pendidikan berbasis agama di Indonesia.

Baca Juga Korban Predator Seks Herry Wirawan Bertambah Jadi 21 Santriwati di https://www.kompas.tv/article/240577/korban-predator-seks-herry-wirawan-bertambah-jadi-21-santriwati

Dua puluh tujuh kasus tersebut dicatat oleh P2G sepanjang tahun 2021. Kasus kekerasan seksual terjadi di 27 kota dan kabupaten di Indonesia.

Dari data yang ada, rata-rata korban kekerasan seksual di lembaga pendidikan agama adalah anak di bawah umur. Usia di bawah 18 tahun. Bahkan ada yang usia 7 tahun, seperti kasus di Pondok Pesantren Jembrana.

Baca Juga Puan Desak Pemerintah Segera Kirimkan Surpres RUU Tindak Pidana Kekerasan Seksual di https://www.kompas.tv/article/240559/puan-desak-pemerintah-segera-kirimkan-surpres-ruu-tindak-pidana-kekerasan-seksual

P2G beranggapan, kekerasan seksual disinyalir terjadi karena lemahnya pemahaman orangtua maupun anak terhadap hak dan perlindungan hukum kepada anak di satuan pendidikan.

Koordinator P2G, Satriawan Salim mendesak Kementerian Agama membuat aturan, yang berfungsi sebagai pencegahan dan penangulangan kekerasan seksual pada pendidikan berbasis agama.

Video editor: M. Rengga

Artikel ini bisa dilihat di : https://www.kompas.tv/article/240596/p2g-sepanjang-2021-ada-27-kasus-kekerasan-seksual-di-satuan-pendidikan-berbasis-agama

Komentar

default-user
Langganan untuk bisa berkomentar
    Verifikasi Akun Kamu..

    Kamu belum melakukan verifikasi akun. Silahkan periksa email Kamu dan ikuti langkah selanjutnya.

    Atau verifikasi melalui SMS

    VERIFIKASI SMS

    Dengan memverifikasi email, Anda dapat melakukan:

    • Upload vidio dengan ukuran yang lebih besar