Harap verifikasi akun kamu!Verifikasi
Mode Normal

Inovatif! 4 Mahasiswa di Surabaya Ciptakan Alat Penggulung Tali Strapping Tas Anyaman

0 Komentar

Laporkan masalah

Laporkan Video ini
Apa yang terjadi?
Batal
Kompas TV
Diunggah 23 Dec 2021

SURABAYA, KOMPAS.TV - Bertujuan ingin membantu pelaku UMKM saat proses pembuatan tas anyaman, empat mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya merancang sebuah alat yang diklaim mampu mempercepat proses penggulungan bahan baku tas anyaman yakni tali strapping dua kali lebih cepat.

Keempat mahasiswa dari fakultas teknik industri ini tengah merancang alat untuk mempermudah para pelaku UMKM menggulung tali strapping untuk pembuatan tas anyaman dengan cepat. Mereka adalah Viva Marisa, Dian Novita Rahayu, Yesi Mareta, dan Sandiyanu Saputra.

Baca Juga Produksi Kerajinan Tangan Bantu Ekonomi Warga di https://www.kompas.tv/article/243996/produksi-kerajinan-tangan-bantu-ekonomi-warga

Tali strapping sendiri merupakan tali berbahan plastik yang kerap digunakan untuk membuat tas anyaman. Selama ini, perajin tas anyaman menggunakan cara manual untuk menggulung tali strapping, yakni dengan menggunakan kayu dan alat ukur manual. Sehingga waktu untuk menggulung tali strapping lebih lama.

Sementara jika menggunakan alat ini diklaim waktu penggulungan lebih cepat dua kali lipat sehingga perajin tidak menghabiskan banyak waktu dalam proses ini.

Kedepannya, mereka akan terus mengembangkan dan melakukan uji coba alat ini sebelum nantinya dihibahkan kepada pelaku UMKM.

Video Editor: Laurensius Krisna Galih

Artikel ini bisa dilihat di : https://www.kompas.tv/article/244579/inovatif-4-mahasiswa-di-surabaya-ciptakan-alat-penggulung-tali-strapping-tas-anyaman

Komentar

default-user
Langganan untuk bisa berkomentar
default-user
    Verifikasi Akun Kamu..

    Kamu belum melakukan verifikasi akun. Silahkan periksa email Kamu dan ikuti langkah selanjutnya.

    Atau verifikasi melalui SMS

    VERIFIKASI SMS

    Dengan memverifikasi email, Anda dapat melakukan:

    • Upload vidio dengan ukuran yang lebih besar