Harap verifikasi akun kamu!Verifikasi
Mode Normal

HEBAT !! INDONESIA CIPTAKAN KAPAL SELAM BERTEKNOLOGI DAN SIAP MILIKI RATUSAN UNIT

0 Komentar

Laporkan masalah

Laporkan Video ini
Apa yang terjadi?
Batal
WATCHING MILITER
Diunggah 11 Jun 2016

Industri pertahanan diarahkan untuk bisa mandiri membangun kapal selam. Indonesia membutuhkan banyak kapal selam. Diharapkan, sebelum 2024 kebutuhan ini bisa dipenuhi industri dalam negeri.
Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro seusai Sidang Komite Kebijakan Industri Pertahanan, Rabu (29/8), di Jakarta, mengatakan, Indonesia dan Korea telah menandatangani kontrak pengadaan tiga kapal selam pada akhir Desember lalu. Kapal selam yang pertama dan kedua akan dibangun di Korea Selatan. Sementara kapal selam yang ketiga diusahakan untuk dibangun di Indonesia.
Purnomo mengatakan, sesuai dengan kondisi geografis Indonesia yang dua pertiganya laut, dibutuhkan banyak kapal selam bahkan mungkin Ratusan. Jumlah ini diharapkan bisa terpenuhi tidak saja secara kuantitas, tetapi juga dilakukan oleh industri dalam negeri, dalam hal ini PT PAL. Saat ini Indonesia sudah memiliki Beberapa kapal selam, yaitu KRI Cakra dan KRI Nanggala, dan lainnya.
Selain pembangunan kapal selam, PT PAL juga diharapkan bisa melakukan perbaikan komprehensif atau overhaul. Untuk itu, PT PAL perlu mempersiapkan diri, baik dari segi fasilitas maupun personel.
Dengan demikian, PT PAL tidak hanya merangkai, tetapi juga bisa membangun sendiri. Tentunya transfer teknologi tersebut bertahap karena Indonesia belum pernah membangun kapal selam.
Program kemandirian
Menteri Perindustrian Mohammad S Hidayat mengatakan, kapal selam merupakan produk yang sarat dengan teknologi canggih. Hanya negara-negara dengan kultur dan kemampuan teknologi tinggi, seperti Jerman dan Korea, yang punya.
Hidayat mengatakan, program kemandirian sangat penting. Namun, tahap demi tahap harus dilalui dengan saksama. Harapannya, sebelum 2024, Indonesia dapat memenuhi kebutuhan kapal selam dengan menguasai sebagian besar teknologinya.
"Kita membeli sambil membuat," ujarnya.
Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono berharap, sebelum tahun 2024 target pembangunan 12 kapal selam sudah dapat terpenuhi. Alasannya, Indonesia berkewajiban menjaga keamanan dan perdamaian di wilayah maritim.
Kontrak pengadaan tiga kapal selam dari Korea Selatan tersebut bernilai 1,80 miliar dollar Amerika Serikat. Sesuai dengan perjanjian, transfer teknologi terbatas untuk perakitan, uji coba, dan pemeliharaan.
Rencananya kapal selam tersebut akan selesai sekitar tahun 2015. Selain membuat kapal selam, target industri pertahanan Indonesia adalah pembangunan jet tempur KFX, roket dan rudal nasional, serta propelan dan radar.
Sumber Google

Komentar

default-user
Langganan untuk bisa berkomentar
    Verifikasi Akun Kamu..

    Kamu belum melakukan verifikasi akun. Silahkan periksa email Kamu dan ikuti langkah selanjutnya.

    Atau verifikasi melalui SMS

    VERIFIKASI SMS

    Dengan memverifikasi email, Anda dapat melakukan:

    • Upload vidio dengan ukuran yang lebih besar