Harap verifikasi akun kamu!Verifikasi
Mode Normal

Sejumlah Kasus Kekerasan Seksual di Lingkungan Pesantren dari Berbagai Wilayah di Indonesia

0 Komentar

Laporkan masalah

Laporkan Video ini
Apa yang terjadi?
Batal
Kompas TV
Diunggah 13 Feb 2022

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sejumlah dugaan kasus pelecehan seksual terhadap santri dan santriwati oleh pengasuh hingga pemilik pondok pesantren terjadi di berbagai wilayah.

Pesantren yang seharusnya menjadi lingkungan yang aman bagi para santri dan santriwati justru dimanfaatkan pengasuh untuk melakukan kekerasan seksual.

Baca Juga Herry Wirawan Dituntut Hukuman Kebiri, Ini Landasan Hukumnya di https://www.kompas.tv/article/260996/herry-wirawan-dituntut-hukuman-kebiri-ini-landasan-hukumnya

Salah satu yang menghebohkan adalah kasus yang melibatkan pimpinan salah satu yayasan pesantren di Kota Bandung, Herry Wirawan. Ia memerkosa belasan santri sejak 2016.

Kasus kekerasan seksual di lingkungan pesantren juga terjadi di berbagai wilayah lain di Indonesia. Beberapa kasus yang kami rangkum terjadi di Ogan Ilir, Sumatra Selatan; Jombang, Jawa Timur; dan Labuhanbatu Selatan, Sumatra Utara.

Baca Juga Deretan Dosa Herry Wirawan hingga Tuntutan Hukuman Mati dan Kebiri Kimia di https://www.kompas.tv/article/261054/deretan-dosa-herry-wirawan-hingga-tuntutan-hukuman-mati-dan-kebiri-kimia

Menurut catatan Komnas Perempuan, setidaknya ada 51 kasus kekerasan yang terjadi di lingkungan pendidikan dalam rentang 2015 sampai Agustus 2020.

Dari total kasus itu, pesantren atau pendidikan berbasis agama Islam menempati urutan kedua atau 19 persen. Di posisi pertama ditempati oleh universitas dengan 27 persen.

Video editor: L. Krisna Galih

Artikel ini bisa dilihat di : https://www.kompas.tv/article/261174/sejumlah-kasus-kekerasan-seksual-di-lingkungan-pesantren-dari-berbagai-wilayah-di-indonesia

Komentar

default-user
Langganan untuk bisa berkomentar
    Verifikasi Akun Kamu..

    Kamu belum melakukan verifikasi akun. Silahkan periksa email Kamu dan ikuti langkah selanjutnya.

    Atau verifikasi melalui SMS

    VERIFIKASI SMS

    Dengan memverifikasi email, Anda dapat melakukan:

    • Upload vidio dengan ukuran yang lebih besar