Harap verifikasi akun kamu!Verifikasi
Mode Normal

Khofifah Jelaskan Penyebab Konfilk Sosial Serta Aksi Premanisme di Desa Mulyorejo Jember

0 Komentar

Laporkan masalah

Laporkan Video ini
Apa yang terjadi?
Batal
Kompas TV
Diunggah 9 Aug 2022

Jember, KompasTV Jawa Timur - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, menggelar rakor penyelesaian konflik kerusahan warga Desa Mulyorejo, di pendopo Pemerintah Kabupaten Jember, Jawa Timur, Senin siang. Persoalan kepemilikan lahan perkebunan kopi dan indikasi premanisme menjadi penyebabnya.

Akar permasalahan konflik warga Desa Mulyorejo, Kecamatan Silo, Jember, dan Desa Banyuanyar, Kecamatan Kalibaru, Banyuwangi, dikarenakan aksi premanisme dan persoalan kepemilikan lahan kebun kopi.

Hal tersebut disampaikan Khofifah Indar Parawansa, di Pendopo Pemerintah Kabupaten Jember, Jawa Timur, Senin siang, saat menggelar rapat koordinasi penyelesaian konflik kerusuhan warga.

Warga yang terlibat permasalahan, sama sama memanfaatkan kawasan Hutan Perhutani sebagai mata pencaharian sebagai petani kopi dan setiap musim panen nyaris terjadi konflik salah satunya aksi premanisme dan juga aksi pencurian buah kopi yang hendak di panen.

Dalam rakor dihasilkan, Forum Pimpinan Daerah Jember dan Banyuwangi, melakukan koordinasi bersama pihak perhutani untuk memetakan kawasan hutan tersebut, apakah masuk hutan lindung atau pun perhutanan sosial.

Pemetaan lahan dapat mengetahui legalitas pengelolaan yang dapat dipertanggungjawabkan.

Perbaikan infrastruktur jalan menjadi perhatian untuk aktivitas masyarakat agar tidak menjadi pemicu konflik yang selalu terjadi saat masa panen kopi.

Sebelumnya di wilayah Desa Mulyorejo, Kecamatan Silo, Jember, terjadi aksi perusakan dan pembakaran rumah warga, dan Polisi menetapkan 9 tersangka yang merupakan warga Desa Banyuanyar, Kecamatan Kalibaru, Banyuwangi.

#premanisme #teror #konfilk #insiden #tragedi #kebunkopi #jember #banyuwangi #jawatimur

Media Sosial Kompas Tv Jawa Timur :

Facebook : https://www.facebook.com/kompastvjawatimur

Instagram : https://www.instagram.com/kompastvjatim

Twitter : https://twitter.com/kompastvjatim

Tiktok : https://www.tiktok.com/@kompastvjatim

Artikel ini bisa dilihat di : https://jatim.kompas.tv/article/317162/khofifah-jelaskan-penyebab-konfilk-sosial-serta-aksi-premanisme-di-desa-mulyorejo-jember

Komentar

default-user
Langganan untuk bisa berkomentar
    Verifikasi Akun Kamu..

    Kamu belum melakukan verifikasi akun. Silahkan periksa email Kamu dan ikuti langkah selanjutnya.

    Atau verifikasi melalui SMS

    VERIFIKASI SMS

    Dengan memverifikasi email, Anda dapat melakukan:

    • Upload vidio dengan ukuran yang lebih besar