Harap verifikasi akun kamu!Verifikasi
Mode Normal

Menengok Pemilik Usaha Travel Banting Setir Berkebun Hidroponik dan Jualan Jus Pakcoy

0 Komentar

Laporkan masalah

Laporkan Video ini
Apa yang terjadi?
Batal
Plat D
Diunggah 3 Oct 2020

Pandemi Covid-19 memberikan imbas yang cukup signifikan pada sektor pariwisata khususnya biro jasa perjalanan. Seperti yang dialami Theodorus Primaxylxla Jodimarlo (24) dan Joseph Sugeng Irianto (52), yang semula mengandalkan penghasilan dari usaha agen travel, kini lebih banyak mengisi waktu berkebun.

Lahan parkir kantor di kawasan Arcamanik, Kota Bandung, disulap menjadi petak pertanian hidroponik. Di halaman gedung perkantoran yang diberi nama Jodirexa Building itu, Jodimarlo alih usaha sebagai penjual jus pakcoy.

Dalam sehari, Jodi menanam sekitar 20-30 bibit pakcoy. Sayuran yang sudah masuk berumur 23 hari, kemudian dipanen. Setelah itu, barulah ia dibantu beberapa pengemudi membuat jus pakcoy.

"Biasanya produksi satu botol membutuhkan 2-3 batang pakcoy. Untuk produksi jusnya saat ini seminggu bisa 30-50 botol," katanya, Jumat (2/10/2020).

Produk jus pakcoy Jodi dibanderol Rp15.000 per botol dengan ukuran 350 mililiter. Dalam satu bulan, jus yang mengandung vitamin C ini laku dibeli 100-200 botol.

"Buat saya pribadi karena masih anak muda yang baru terjun ke dunia bisnis, sampai detik ini masih terus mencari apa yang harus dikerjakan. Karena setelah bisnis terhenti, saya harus berpikir bagaimana caranya agar tetap produktif," ujarnya.

Jodi memilih sistem bercocok tanam pakcoy dengan hidroponik. Peralatan yang digunakan cukup sederhana yaitu dengan pipa PVC. Seluruh instalasi dikerjakan Jodi bersama orang tuanya, Joseph Sugeng Irianto (52) serta beberapa karyawan di kantornya.

Komentar

default-user
Langganan untuk bisa berkomentar
    Verifikasi Akun Kamu..

    Kamu belum melakukan verifikasi akun. Silahkan periksa email Kamu dan ikuti langkah selanjutnya.

    Atau verifikasi melalui SMS

    VERIFIKASI SMS

    Dengan memverifikasi email, Anda dapat melakukan:

    • Upload vidio dengan ukuran yang lebih besar