Harap verifikasi akun kamu!Verifikasi
Mode Normal

What's happening - Museum Perumusan Naskah Proklamasi

0 Komentar

Laporkan masalah

Laporkan Video ini
Apa yang terjadi?
Batal
Nex Entertainment
Diunggah 16 Aug 2016

Museum Perumusan Naskah Proklamasi yang terletak di Jl. Imam Bonjol No.1, Jakarta Pusat, merupakan salah satu tempat paling bersejarah dalam persiapan kemerdekaan Indonesia.

Museum ini dahulunya adalah kediaman Laksamana Tadashi Maeda yang merupakan Kepala Kantor Penghubung antara Angkatan Laut dengan Angkatan Darat Jepang, pada masa pendudukanJepang.

Pada tangal 16 Agustus 1945 pukul pukul 10 malam, Ir. Soekarno. Moh Hatta, dan Mr. Ahmad Soebardjo diterima oleh Laksamana Maeda di rumahnya di Ruang Pertemuan. Rumah Laksamana Maeda dianggap aman untuk merumuskan naskah Proklamasi. Laksamana Maeda juga bersahabat dengan MR. Ahmad Seobarjo dan mendukung kemerdekaan Indoneisa

17 Agustus dini hari. Ir. Soekarno, Moh. Hatta, dan Mr Soebardjo merumuskan konsep naskah Proklamasi di ruang tengah, kemudian dikenal sebagai Ruang Perumusan

Setelah persetujuan dari hadirin, Ir Soekarno meminta Sayuti Melik untuk mengetik naskah proklamasi. Sayuti Melik mengetik naskah Proklamasi dengan ditemani oleh Burhanudin Moehammad Diah di Ruang Pengetikan yang terletak di bawah tangga. Setelah proses pengetikan, Ir. Soekarno dan Moh. Hatta menandatangani naskah proklamasi di atas sebuah piano di dekat tangga.

Ruang Pengesahan merupakan tempat disetujuinya konsep naskah proklamasi oleh seluruh hadirin yang datang. Serta tempat disahkannya naskah proklamasi yang di tanda tangani oleh Ir. Soekarno dan Drs. Moh Hatta atas nama bangsa Indonesia. Peristiwa ini berlangsung menjelang subuh, Jum’at 17 Agustsu 1945 bertepatan dengan bulan suci Ramadhan.

Di ruang pengesahan dihadiri oleh tokoh-tokoh yang telah berjuang dan dipertemukan dalam peristiwa perumusan naskah Proklamasi.

ingat pesan Bung Karno ya guys..
"Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya"

Komentar

default-user
Langganan untuk bisa berkomentar
    Verifikasi Akun Kamu..

    Kamu belum melakukan verifikasi akun. Silahkan periksa email Kamu dan ikuti langkah selanjutnya.

    Atau verifikasi melalui SMS

    VERIFIKASI SMS

    Dengan memverifikasi email, Anda dapat melakukan:

    • Upload vidio dengan ukuran yang lebih besar